PANDATOTO - Duta Besar China untuk Israel, Du Wei, ditemukan tewas di apartemennya pada pinggiran Tel Aviv. Kabar itu disampaikan oleh seseorang pejabat Israel, berdasarkan pemberitaan dari BB. 

Pejabat tadi mengatakan, polisi Israel telah melakukan penyelidikan namun temuan awal menunjukkan tidak ada masalah pembunuhan.

Du (57) baru ditunjuk menjadi dubes dalam Februari sesudah sebelumnya menjabat menjadi duta besar  pada Ukraina. Pria ini sudah menikah dan mempunyai seorang putra, tetapi keluarganya baru akan bergabung ke Israel. Ia menetap di pinggiran Tel Aviv, tepatnya pada Herzliya.

Seorang juru bicara kepolisian Israel mengungkapkan pada tempat kerja fakta Reuters, "Sebagai bagian menurut prosedur reguler, unit-unit polisi berjaga pada tempat insiden." Saluran TV Israel Channel 12 mengutip asal medis yang tidak disebutkan namanya, yang berkata bahwa indikasi awal meninggalnya Du pada tidurnya karena penyebab alamiah.

Dalam sebuah pesan yang dipublikasikan di situs web kedutaan besar sehabis pelantikannya, Du memuji interaksi antara "China menjadi negara perekonomian terbesar ke 2 pada global dengan Israel menjadi negara startup."

Baca juga : Hapus Israek dari Peta, Militer Jerman Minta Maaf

Isolasi mandirii waktu kedatangan

Ketika Du tiba pada Israel pada 15 Februari, Du pribadi mengisolasi diri selama 2 minggu karena pembatasan virus corona.

Dalam wawancara dengan surat keterangan Israel Makor Rishon bulan lalu, Du mengungkapkan China sudah dijadikan kambing hitam dunia. "Dalam sejarah, lebih berdasarkan sekali, sekelompok orang tertentu dituduh menyebarkan pandemi," katanya.

"Itu nir bisa diterima dan wajib  dikecam. Penyakit ini adalah musuh semua umat manusia dan dunia harus melawannya beserta." Pada Jumat (15/lima/2020) Kedubes China di Israel melontarkan komentar pedas kepada Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, yang mengkritik penanganan China terhadap pandemi virus corona, ketika berkunjung ke Israel. 

Dalam tanggapan yg dipublikasikan pada Jerusalem Post, kedutaan yang dipimpin Du Wei itu mengecam "komentar nir lumrah" Pompeo, dan menyangkal China sudah menutup-nutupi krisis ini.

Mungkin Anda juga ingin tahu :

BUKU TAFSIR MIMPI 2D BERGAMBAR